Senin, 26 Agustus 2013

Ibu Bapak


Masih lanjut cerita hari Sabtu kmarin..

Sabtu kemarin itu bukan tanpa alasan gw ke Bekasi, salah satu nya mau nengokin nyokap bokap yang baru pulang dari Medan, blio plesiran plus kangen2an sama anak-menantu-cucu yang nun jauh disana.

Modus gw sih, bukan sekedar nengokin Abah and Mak Eet, tapi sekalian minta oleh2 dari Medan ahahahahahaha (Mas Bayu pasti ga bakal ketinggalan beliin oleh2 Bolu Gulung Meranti and Bika Ambon Zulaikha)

3 Bulan terakhir ini, Abah sama Mak Eet (nyokap bokap gw) lagi sering2 nya plesir ke luar kota (mengalahkan jadwal dinas luar kota gw).

Di mulai dari Bangka - Belitung, Kuningan, Jogja, Purwakarta, Medan, sampe ke Balikpapan minggu depan. Sibuuk bener daah mereka. Gw siih seneng2 ajaaa..biar lah beliau menikmati masa pensiunnya, setelah hampir 35 tahun kerja banting tulang buat gw and kakak2 gw. 

Cumaa yaa kadang2 gw agak khawatir juga, Jalan2 berdua aja, di Usia 64 tahun kan bukan urusan gampang. Dengan kondisi jalan aja agak susah, yang ada pada saling nuntun deh xixixixiixixi

Gw selalu bilang sama Abah sama Mak Eet buat nikmatin masa pensiun mereka. Dari segi financial, orang tua gw Alhamdulillah berkecukupan, walaupun 22 nya udah pensiun, malah kalo iseng2 mau di hitung, penghasilan mereka yang udah pensiun jauh lebih besar dari penghasilan gw and Papa Tri yang masih aktif cari rezeki (ya iya laaahhh… masa kerja mereka kan udah 35 tahun, cyynn)

Gw selalu bilang “Udah sana, Abah sama Mak Eet jalan2 ajaa..  kmana keq, nengokinn cucu keq, Umrah lagi keq, atao nengokin sodara2 yang udah lama ga ketemu. Daripada dirumah suntuk, mendingan silahturahmi. ”

Gw sendiri ngerasain, biasa kerja atao keluar beraktifitas, trus harus cuti 3 bulan pasca-melahirkan. Awalnya seneng, bias istirahat, apalagi punya Baby, ada mainan istilah nya. Tapi lama2 koq ya suntuk, minim berinteraksi bikin gw jadi gampang keki.

Nyokap bokap gw juga pasti ngerasain hal yang sama, walo ga kosong banget sih kegiatannya, masih ada jadwal ngaji juga.. tapi yaa.. ada baiknya mereka punya kesibukan.

Berkali2 kakak gw sama kakak gw juga bilang, Jalan2 ajaaa.. seneng-seneng, nikmatin hari tua, mumpung sehat, punya uang, kan udah ga punya tanggungan, anak2 sama cucu2 juga ngga nyusahin.

Naahh… 3 bulan ini bener2 Abah sama Mak Eet nikmatin masa pensiun nya..
Jalan2 ke tempat sodara yang udah lama ga ketemu, nengokin anak-menantu-cucu di Medan, nengokin ade bungsu Mak Eet di Rantau Prapat, Ke Kuningan, ke tempat Besan di Purwakarta, Takziah ke Jogja sampe menghadiri kondangan ke Balikpapan minggu depan.

Mereka bener2 ngelakuin yang dulu2 pas mereka masih aktif kerja, ga bisa di lakuin.
Alhamdulillaah.. seneng gw ngeliatnya

Nyokap sama Bokap tergolong orang yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan mereka, Nasib guru jaman dulu beda sama nasib guru jaman sekarang. Nyokap Bokap mesti brangkat pagi banget and pulang udah gelap tiap hari.

Mereka mesti nyari tambahan ngajar di sekolah2 swasta ato di universitas terbuka, makanya pulangnya sampe malem terus.

Dengan Kondisi 3 orang anak yang harus di biayain, plus ditambah nyokap bokap gw dari dulu juga ngurus and ngebiayain sekolah adek2 nya and anak2 nya sodara juga (seinget gw, dulu 2 orang adik nyokap, plus 2 orang sodara yg ikut tinggal di rumah nyokap), mau ga mau mereka harus kerja keras.

Gw sendiri dulu dari kecil udah terbiasa di jagain sama adek2 nya nyokap and sodara yang tinggal di rmh. Jadi kita bertiga (gw, mas indra, mas bayu) di urus bergantian. Ade nya nyokap yg masuk siang, jagain kita ber3 pas pagi hari. Naah ade nya nyokap yg masuk pagi, jagain kita ber3 pas siang hari.

Jalan2 itu jaman dulu sesuatu yang mewah banget. Bisa sekolah and bisa makan, tujuan utama saat itu.

Inget banget sama kata2 nya nyokap “Ibu sih ga bisa kasih apa2 Neng, Cuma bisa kasih bekel pendidikan aja, buat adek2 ibu, buat sodara2, buat anak2 ibu”
Hiks! sedih banget kalo inget susahnya beliau berdua buat bikin kita semua jadi sukses.

Alhamdulillaah.. seiring sama selesainya kewajiban nyokap bokap buat kasih pendidikan ke adik2 and sodara2, kesejahteraan guru juga mulai meningkat. Sedikit2 beliau bisa nabung sambil tetep nyekolahin gw sama kakak2 gw.
Sekarang semua kewajiban mereka udah selesai, bukankah ini saatnya mereka buat mementingkan diri sendiri (itu menurut pendapat gw hehehehehe)

Gw sama kakak2 gw Cuma ngedukung aja apa yang ingin beliau lakuin, sambil sekali2 tetep wanti2 biar tetep jaga kesehatan, jangan makan sembarangan and ga boleh kecapean.

Semua udah di antisipasi sama kita ber 3 (gw, mas indra, mas bayu), pokoknya kalo Abah sama Mak Eet mau jalan2, jangan terlalu banyak bawaan nya, biar ga kecapean. Kalo perlu semua oleh2 yang nyokap beli (nyokap gw hobi banget beli oleh2 banyak kalo pergi kmana2, buat di bagi ke orang2), ga usah di tenteng sendiri, kirim aja via paket.

Itu yang di lakuin waktu ke Medan. Oleh2 dari Rantau Prapat (adeknya nyokap kasih oleh2 banyak banget), di kirim via paket, gitu juga semua bawaan dari Medan, Cuma tas tangan sama kue bolu aja yg di bawa, sisa nya di paketin sama mas Bayu hahahahaha… 

Maklumlaah.. kan yang jalan2 kakek2 sama nenek2, yang jalannya aja mesti saling gandengan, biar ga doyong, masa iya mesti nenteng kerdus ama tas yg segede2 gaban gituu..

Pokoknya biar keliatan romatis sampe tua (padahal emang saling membutuhkan untuk tumpuan hehehhehe)

Bu, Pak..
Udah saat nya kalian sekarang untuk menjadi egois, ga melulu memikirkan anak2 dan orang lain, udah saatnya kalian memikirkan diri sendiri, dan bersenang- senang karenanya ^ ^

Sehat selalu yaa Bu, Pak..
Lihatlah Anak dan Cucu-mu kelak akan mengikuti jejak langkahmu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar