Kamis, 24 Oktober 2013

CPNS Hunter..

Tau CPNS kan? itu loooh Calon Pegawai Negeri Sipil
Sebelum diangkat jadi PNS, biasanya harus melewati masa jadi CPNS dulu, paling cepet 1 tahun, maksimal skitar 2 tahun. Lewat dari 2 tahun yaaa... Byee.. byeee... kena pemutihan deeeh...

Diantara rentang 1 tahun itu ada diklat yang nama nya Prajabatan, kaya diklat pembekalan gituu deeeh... kalo udah lulus di diklat itu, baru deh tes kesehatan ulang, baru berkas nya bisa di ajuin jadi PNS. Ribed?? ngga koq, ikutin aja alurnya, InshaAllah ga ribed ^ ^

Oh iyaaa... kalo CPNS itu gaji nya masih 80%, naaah kalo PNS gaji nya sudah full 100%
hehhehhehehe Alhamdulillaah sudah melewati fase 80% itu... Tahun 2008 CPNS, pertengahan 2010 PNS.
Sampai dengan hari ini udah ngerasain 1 kali Kenaikan Gaji Berkala yg 2 th-an, plus 1 Kali kenaikan Golongan/Pangkat. Alhamdulillaaahhh..... 

Balik lagi ke masalah CPNS Hunter... tau donk yaaa... 2 bulan belakangan ini dari mulai Polres, Puskesmas sampe Disnaker di serbu sama para pemburu Titel CPNS, yang lagi ngumpulin persyaratan untuk bisa ikut ujian penerimaan CPNS.

Hampir semua Kementerian sama Dinas buka penerimaan CPNS tahun 2013 ini, dengan jadwal yang beda beda. Hmmm... kalo kebetulan di beberapa tempat persyaratan nya sesuai, and jadwal nya beda beda, 1 orang Hunter, bisa ikut Ujian di beberapa Kementerian atau pun Dinas. Kaya Pengalaman salah seorang anak dari temen kerja gw. Kebetulan dia lulus dari jurusan yang di tiap Instansi di butuhkan, trus semua persyaratan memenuhi, dia bisa ikut ujian di 3 Kementerian and 2 Dinas Kota, hehehhehehe... asal jangan ketuker jadwal nya ajaaa yaaaa..... 

Kalo gw liat, sekarang lebih di butuhin yang Fresh Graduated yaaaa... karna untuk Pendidikan S1, syarat usia nya mayoritas mereka mencantumkan di bawah usia 30 thn. Waktu jaman gw sih, untuk pendidikan S1, usia maksimal 35 th deeh kalo ga salah. Tapi Maaf sodara- sodara, waktu diterima jadi CPNS Gol III (Pendidikan S1) umur gw waktu itu masih 25 tahuun looooh (masih kinyis kinyis gituuu deeee xiixixixixixixi)

Gw ga tau kenapa orang-orang pada niat banget ya jadi PNS, walau pun gw sendiri dulu yaaaa... iseng iseng berhadiah laaahhh... kalo di terima, Alhamdulillah. Kalo ga di terima ya ga papa, laaah wong gw juga udah kerja koq. 

Waktu jaman dulu, mana mau orang jadi PNS, PNS kan gaji nya kecil. Laaaahhh... trus emang sekarang gaji nya gede apaa?? Alhamdulillah standar laaahhh... cukup buat jalan jalan weekend ke Mall ahahahahhahaha.. Kalo di bandingin sama Buruh yg minta Gaji 3,7 Jt, yaaa jauh laaahhh... buat CPNS yang latar pendidikannya S1, Gaji nya ga nyentuh angka 3 Jt xixxiixixiixi... Masih yakin tuuuh mau Jadi CPNS, buat kalian yang sudah menikmati gaji di atas 3 Jt ^ ^

Masih inget banget dulu waktu kecil, ada sodara yang bilang "Bapakmu Guru PNS sih Sin, Makanya ga bisa beli Mobil, buat silahturahmi ke sodara sodara".
Astagfirullah... kata2 itu masih teringang jelas di kuping. Tapi Alhamdulillaah.. Biar Bapak sama Ibu cuma Pensiunan PNS, sekarang biar udah ga aktif kerja, mereka ga pernah nyusahin, ada sedikit2 buat kebutuhan sehari hari sama nabung di usia senja mereka.

Salah satu kakak gw, paling anti jadi PNS (Walaupun Istrinya juga jadi PNS di salah satu Kementerian) Sampe sekarang Mas Bayu ga mau ikut ikut tes CPNS, walaupun gw yakin banget, kalo dia ikut, pasti bakalan lulus. Laaahhh gw adeknya yang dudulls gini aja bisa lulus murni, masa iyee dia yang pinter kaga lulus.

Mas Bayu cuma bilang, "orang kan pengen jadi PNS biar masa tua nya pada aman, Neng. Naah biar elu di swasta, kalo bisa me manage keuangan dengan baik, masa tua elu juga bakal tenang koq". Dan gw setuju sama pendapat nya dia. 

Kadang suka sebel sama orang yang mikir, enakan jadi PNS, kerja nya santai, bisa dateng siang, pulang siang. Pengen rasa nya nyolek tuuh orang pake silet (nyolek koq pake silet, serem amaat xixixixixixixi), sambil bilang "Heh!! PNS yang mana duluuu... ga semua PNS kaya gitu"
Banyak koq PNS yang berdedikasi tinggi (cieeee bahasa nyaaa...)
ga usah Gw laah yang jadi contoh (nanti banyak yg nimpukin ahahahahahahaa..) Nyokap Bokap gw misalnya, atau Kakak gw Mas Indra Misalnya atau rekan rekan kerja gw di kantor, mereka PNS yang berdedikasi tinggi. Ga usah gw ceritain di sini laah gimana mereka kerja, kepanjangan nanti cerita nya xxixiixiixixixi... 

Tiap ada orang yang nanya, "Sin, waktu jadi PNS bayar berapa? ngeluarin uang berapa?". gw cuma jawab "15 ribu"
dan dia malah heran "Koq cuma 15 ribu?? orang2 sampe puluhan juta looh".

gw jawab, "iyaaa gw cuma 15 ribu koq, buat beli Amplop sama kirim berkas pendaftaran lewat TIKI"

sambil gw bilang "Santai Mas Brooo... Masih banyak PNS yang lulus murni, ga pake duit duit-an, nih gw salah satu nya. Ga pake duit, ga pake Koneksi, lulus murni"

And buat Kalian para Pemburu Titel CPNS, jangan takut. Ikutin aja alur nya, tetep fokus sama ujiannya, biar Allah yang ngatur. Kalo emang Rezeki kalian ada di situ, pasti Allah kasih lulus ^ ^

Gw pribadi bukan orang yang pinter (menurut gw). Tapi gw cuma yakin sama kemampuan gw dalam jawab soal Test Potensi Akademik

Dulu waktu Test CPNS, soal ujiannya berkisar di TPA, Psikotest atau di Materi tentang Ilmu Kesehatan Dasar (gw di Kementerian Kesehatan)

dari dulu tiap ikut Psikotest, dari jaman SD sampe Kuliah, nilai gw emang selalu tinggi, diatas 130 (tergolong cerdas donk yaaa gw xixixixixiixxi). Maka nya kalo ada ujian yang pake Test Potensi Akademik atau Psikotes, gw pasti percaya diri, nilai gw pasti bagus hahahhahahah sombooong bgt yaaaa....

Ehh ini beneran looohhh.... dari dulu gw ga pernah jadi siswa yg paling pinter di kelas, walaupun selalu 5 besar di kelas. waktu SMA juga gituuu, gw sekolah di SMA paling favorit di bekasi (SMU 1 Bekasi), yang kalo orang nanya "dulu lulusan SMA mana?"
gw Jawab "SMU 1 Bekasi" dan orang itu puuun langsung bilang "widiiiihhh... pinter pasti donk yaaaa...."
ahahahhahaha ngga juga koq, di SMU 1 gw tergolong siswa yang biasa2 aja

Gitu juga kuliah, gw kuliah di Akademi Kebidanan Negeri, yang termasuk Akbid paling favorit di Indonesia (Akbid Cipto Mangunkusumo Jakarta, denger nama nya aja udah serem kaaannn...) yaaaa cuma ituuu... ga pernah juga jadi yang paling pinter, walau IPK gw tetep diatas 3 donk yaaaaa.... waktu DIV juga gituuu... ga jadi yang paling pinter juga, walau IPK gw waktu 3,47 (Gileeee... kaaaannn... prestasi gw paling bagus ituu ahhahhahahaha)

Cuma Alhamdulillaaah... tiap suatu test yang melibatkan TPA atau Psikotest, gw lulus terus. Karna memang itu unggulan gw. Terbukti dengan lulus masuk Akbid Negeri, DIV, sama CPNS Kemenkes

Naaahhhh... Pas Test CPNS juga gituu.. pas di liat ada seleksi TPA sama Psikotest nya, pede donk gw, Pasti bisa dooonk hehehhehhe...

Naaah buat para CPNS Hunter yg lain, ga masalah koq kalian bukan yang paling pinter, yang penting strategi nya bener. Ikutin ajaa test yang menurut kalian sesuai sama Potensi unggulan kalian, ga usah pake duit2-an, mendingan duitnya buat nabung ajaaaa hehehehehhe.... sambil doa sama Allah jangan lupa yaaa... biar di berikan yang terbaik.

Kalo udah dilaksanain semua, trus belum lulus jugaaa... ya jangan sedih, jangan stress. berarti menurut Allah itu bukan yang terbaik buat kita. Helloooo... masih banyak ladang rezeki di luar sanaaaa.... Akuuuuur ^ ^


2 komentar:

  1. eh nanya dong..di kemenkes tunjangan nya berapa?xepo..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Tunjangan Kinerja (Remunerasi) Kemenkes blm dapet tuuh -__- tapi kalo Tunjangan Umum lainnya, sama koq kaya PNS di Kementerian lain ^ ^

      Hapus