Rabu, 22 Mei 2013

Keep Fighting, Mom!!!

Sekitar 1 minggu yang lalu, gw dapet pelajaran yang berharga banget sebagai seorang ibu


Berawal dari rutinitas di rumah pas menjelang weekend, bercanda sama Qiya and Qaysar, males2an bersama di tempat tidur, nonton kartun, nyanyi2 bareng, pokoknya leyeh2 di rumah seharian.

Qaysar, Sang raja yang umurnya 3,5 tahun, nunjukin kebisaannya dia, nyanyi2. Dari mulai lagu kesukaan nya dia (Kasih ibu sama ambilkan bulan), lagu2 yang diajarin di Playgrupnya, sampe lagu2 kebangsaan yang gw sama kakak gw (mas indra) ajarin, macem nya Indonesia Raya, Halo2 Bandung, Garuda Pancasila hahahaha...

Naqiya lebih suka mewarnai sama menempel stiker, sambil sekali2 ikut nyanyi juga sama ade nya.

Waktu itu gw takjub banget sama kemampuan Qay menghapal lagu, sama kemampuan dia berbicara, waktu itu gw cuma bilang dalam hati "Subhanallaah.. Qaysar ceriwis banget ya, umur 3 tahun udah bisa nyanyi macem2, belum lagi hapalan surat sama Hadist nya dia"

Tiba2 gw keingetan, waktu umur 2 atau 3 tahun, Naqiya kemampuannya gimana yaaa... Udah bisa apa yaa dia?

Daaan... gw ga bisa jawab itu...

Gw ga inget apapun tentang pinter nya Naqiya di usia segitu

Saat itu juga gw ngerasa ketampar banget jadi ibu, ngerasa bersalaaah banget sama Naqiya. 
Gw kehilangan moment itu, moment sama Naqiya di usia sekitar 2 - 3 tahun. Dan Sumpaah!! gw nyesel banget sekarang

Waktu Naqiya umur 2 - 3 tahun, saat itu gw lagi gila2 nya kerja, gw kerja di Bagian Diklat yang mesti berangkat pagi, pulang dari kantor bisa jam 10 malem (nunggu sampe diklat selesai), lagi sering2 nya dinas luar kota yang ngeharusin gw buat ga ketemu anak2 bisa sampe seminggu lebih. Ditambah gw terlalu fokus ke Qaysar yang masih baby, karna Qaysar juga butuh perhatian ekstra, waktu lahir dia ada ganguan pernafasan RDS (Respiration Distress Syndrome)

Diperparah Papa Tri masih jadi Ajudan Pak Wakil Bupati, Sedikit banget waktu nya dia buat keluarga.

Saat itu gw terlalu mengandalkan orang lain, ada mertua gw yang jaga anak2 gw (waktu itu gw masih tinggal di mertua), ada ART gw yang sigap ngurus anak2. Dan akhirnyaa.. saat itu waktu gw sama anak2 cuma sedikit. Nyampe rumah, karna capek kerja seharian, gw ga sempet buat bercanda  sama Naqiya (sering nya dia udah tidur), gw cuma sempet buat istirahat sebentar, cium2 Naqiya, nyusuin Qaysar, Perah ASI buat stok nya Qaysar nyusu pas gw tinggal kerja (Alhamdulillah masih bisa ASI Eksklusif).

Weekend pun, kalo lagi ada Diklat di kantor, gw tetep harus dateng ke kantor. Sumpaah!! Waktu itu gw terlalu ngandelin orang lain buat jaga anak2, sampe gw sendiri terlena sama kondisi kaya gitu.

Gw ngerasa bersalaaah banget sama Naqiya, nyesel banget sekarang, kehilangan moment itu.

Gw peluk Naqiya, gw ciumin Naqiya sambil bilang "Kakak, maafin mama yaa.."
Naqiya yang ga ngerti apa2 cuma bilang "Maap apa, Ma?" 
aahhh... Naqiya, mama malu sama kamu, Nak 

Kemarin, waktu pulang kerja, di mobil dlm perjalanan pulang kerja, gw ceritain ke Papa Tri apa yang gw alamin. Papa Tri spechless, dia juga mungkin ngerasain hal yang sama, kehilangan moment itu.

Sampe akhirnya Papa cuma ngomong "Bersyukur lah kita, bisa tinggal di rumah sendiri, tanpa ART. Allah sayang sama kita, Allah punya maksud, biar kita lebih deket sama anak2, ngurus langsung mereka, bisa sering2 sama mereka, ditambah Mama udah ga di diklat lagi, Papa selesai jd ajudan, kita jadi punya lebih banyak waktu buat Anak2".

Bener juga siiih.. yang udah terlewat, ga bisa di ulang lagi. Sekarang tinggal belajar dari kesalahan, biar ga ke ulang lagi, sambil tetep berusaha untuk jadi lebih baik.

Keep Fighting, Mom!!!

"Waktu tidak bisa di putar, masa kecil anak tidak akan berulang"

Doain gw yaaa.... biar bisa jadi ibu yang baik buat Qiya sama Qay, jadi ibu yang ngga kehilangan moment sama anak2nya, jadi ibu yang menikmati moment sebagai seorang ibu.


Aamin Ya Robbal'alamiin..










Tidak ada komentar:

Posting Komentar