Kamis, 16 Mei 2013

Bikin Kueee...

Kalo sebelumnya posting tentang masak, kali ini mau posting yang ga jauh2 dari dapur juga, Bikin Kuee..  ^ ^

Kalo bikin kue sebenernya gw udah dari dulu suka, dari jaman masih kecil, tiap bulan Ramadhan pasti gw di boyong nyokap ke rumah bude gw di Perum 1, buat bantuin bude bikin kue lebaran, dari macemnya nastar sampe putri salju. Tapi dulu sekedar bantuin aja, ga sampe mikir gimana cara bikinnya, cuma bantuin mulung2 adonan, masukin selai, atau olesin kuning telur, kebetulan bude gw catering and biasa nerima pesenan kue lebaran ampe banyaaaaaak bgt *elap keringet

Naaah... sempet juga diajarin sama bude gw bikin Brownies panggang, bolu pelangi sama bolu kukus, malah waktu gw SMA, gw udah nerima orderan kue bolu pelangi dari sodara2 atau temen2 nyokap sama bokap yang pesen (Jaman SMA udah punya jiwa bisnis).

Gw akuin emang gw lebih cenderung suka bikin kue di banding masak, kalo kata Mak Eet, tangan gw bakatnya di sana. Percaya atau ngga, jaman gw SMP, gw punya resep bolu kukus, resep itu di coba sama Mak Eet berkali2, tapi selalu gagal total. Tapiii... pas gw yang coba resep itu, sekali percobaan langsung sukses!! Hahahaha...

Karna suka banget bikin kue, and suka banget cari2 resep kue, gw punya beberapa website Favorit, resep2 disana menurut gw, anti gagal. Kalo di coba sesuai sama yang tertulis, dan bener2 ngikutin step - step nya, InshaAllah ga bakal gagal. Gw suka sama resep di NCC, Sajian sedap, Teteh Ricke, Bunda Manda (Sahabat gw dari SMA), atau di Just Try and Taste


Menurut gw, bikin kue itu beda sama masak, bikin kue lebih membutuhkan skill, kalo masak menurut gw lebih alamiah. Kalo masak, bisa sukses walau cuma ngandelin feelling, ga perlu2 banget patokan resep atau rincian takaran. Naaah... Kalo bikin kue, lebih ngejelimet, ga bisa cuma ngandelin insting, tetep harus patuh sama resep. Karna meleset sedikit aja, atau ada step yang dilewatin, kue nya bisa bantat atau Gagal Total!! (Pengalaman pribadi xixixixixi....)

Tantangan banget kalo nemu resep atau kue baru, mesti di coba, kadang2 berkali2 gagal, tapi yaaa... jadi nya penasaran, pokoknya harus berhasil!!! (Jiwa pantang menyerah gw pun muncul akakakakak). Pernah gw sampe hampir 10 kali gagal bikin donat, ga nemu tekstur yang bagus, tapi lama2 kan belajar dari kesalahan, sekarang alhamdulillah ga masalah kalo bikin donat ^ ^ 

Saking seneng nya sama bikin kue, akhirnya gw berupaya buat punya "Gadget" yang bagus.. Gw malah sempet maksain diri nabung, buat beli Oven seharga belasan juta hahahahhaha.. Kalo gw tiba2 minta di beliin sama Papanya Oven harga segitu, bisa pingsan dia. Makanya gw bela2in nabung dari tambahan2 honor yang gw dapet, pas uang nya terkumpul, tinggal izin sama Papa Tri untuk beli Oven itu. Alhamdulillaah... Papa Tri ga ada masalah, dia malah ngedukung banget, dia tau kalo istrinya niat banget hehehehehe...

Sekitar satu bulan yang lalu ada perayaan hari Kartini di Kemenkes Pusat (Kantor Pusat gw). Dharma Wanita Kemenkes bikin event lomba masak dengan berbahan dasar Jagung. Sebenernya gw ga tau ada lomba itu, justru salah satu sahabat di kantor yang tau info nya. Dengan sangat bawel (emang dasarnya dia bawel hehehe) temen gw itu maksa2 gw ikut lomba itu, malah dia sampe bilang ke atasan gw, biar gw di ijinin buat ikut lomba *Huh!! Keplak si Ratna hahahha.

Alhamdulillaah... Klappertaart Jagung sama Bakwan Jagung Mercon yang kita sajiin dapet juara ke III, seneeeeng... banget. Ga sia2 deh begadang buat bikin Klappertaartnya. Bikinnya di temenin begadang sama Papa Tri (Tapi akhirnya dia ketiduran juga xixixixixi). Bikinnya tengah malem, karna kebetulan di hari yang sama gw baru pulang dinas luar ke Bandung. Pulang dari Bandung, sampe rmh jam 11 malem, langsung Nguplek didapur sampe jam 2 dini hari, tidur  sebentar, jam 5 pagi berangkat ke Kemenkes Pusat buat nyajiin kue itu, sumpaaahh... cape nya langsung ilang pas pengumuman juara *joged2 bareng Ratna

Gw sebenernya pengen banget jualan kue, buka lapak gituuu... pake etalase, jual macem2 kue. Tapi belum bisa fokus kayanya kalo sekarang, karna kerja nya juga masih menyita waktu. InshaAllah suatu saat nanti, bisa terwujud. Aammiiinnn...

Belakangan ini gw lagi suka banget bikin roti2an, seneng aja bikin kreasi dari adonan roti, trus roti nya biasanya bisa buat sarapan di rumah, atau jadi bekal ke sekolah buat Qiya and Qay, mereka suka banget sama roti. Kalo mereka bawa bekal ke sekolah buatan gw, mereka pasti cerita ke guru2nya di sekolah "Bu guruu.. ini mama aku looh yang bikin". Sampe akhirnya sekarang bu Guru nya Qiya sama Qay tau kalo gw suka bikin kue *Tutup muka 

Menurut gw, ngulenin adonan roti itu kaya terapi penenangan diri, bikin relax banget, apalagi pas masukin isian ke dalem adonannya, rasa keju, cream, susu, coklat, bisa sambil berkreasi kaya jaman waktu SD dulu, bikin macem2 bentuk dari lilin2 warna warni. Malah bisa sambil ngemilin isian nyaa *Gagal diet deeeh hehehehhe…

Akhir2 ini lagi pengen banget beli “Gadget” baru.. Mixer canggih merk Kitchen Aid hehehehe… sebenernya gw punya Standing Mixer Philips, hadiah dari Mak Eet. Tapiii yaaaa namanya juga manusia, ga pernah puas. Udah punya yang bagus, tetep aja pengen yang lebih bagus lagi  hahahaha…

Kayanya harus rajin nabung lagi niih, biar Mixer seharga Enam Juta sekian itu bisa kebeli heuheuheu…
Cemunguuddhh Menabuuunggg *Ganbateee

Atau mungkin ada yang sukarela mau beliin gw Mixer ini??
Ulang tahun gw Bulan Agustus looohhh
*Pengumuman aja siiihhh
*Sambil lirik Papa Tri

Hahahahhaha….




Tidak ada komentar:

Posting Komentar