Senin, 08 September 2014

Qiya Qay Belajar Puasa

Mau nyeritain Qiya sama Qay yang lagi belajar puasa di Ramadhan yang lalu ^ ^

Jauh-jauh hari, anak-anak udah gw kasih pengertian tentang makna Puasa di Bulan Ramadhan, maksudnya sih biar mereka tertarik trus ga kaget gituu kalo pas Ramadhan dateng, and mereka mesti puasa

Karna ini kali pertama Qaysar belajar puasa, and kali ke dua buat Naqiya, jadi gw sendiri mesti ekstra sabar

Kalo Naqiya, tahun lalu pun dia udah belajar puasa, tapi baru dari mulai Imsak, sampai jam 10 pagi ajaaa...

Naaah... Tahun ini di coba agak meningkat, kan harus ada kemajuan donk dari tahun ke tahun.
Qaysar sengaja gw samain sama Naqiya, karna gw ngerasa Qaysar lebih tangguh dibanding Naqiya dalam hal menahan lapar dan haus #apasihbahasanya

Mereka wajib ikut sahur bareng sama gw and Papa, Puasa dari mulai Imsak, boleh buka puasa pas Adzan Dzuhur, makan sama minum. Trus di lanjut lagi puasa sampai Magrib.

Beuuhh... PR banget kan tuuh bangunin mereka pas Sahur, susaaah nya minta ampuuunnn..
Tertolong juga gw sama ada nya Piala Dunia 2014 di TV, Qaysar kan hobby nonton bola tuuh..
Pas banget, kebanyakan pas jam sahur itu, pas ada siaran Piala Dunia di TV

Jadi kalo Sahur, kita setel tuh TV nya. cari channel yang siaran Piala Dunia, trus gotong Qaysar ke depan TV, Dan cara gw itu pun ampuh banget, dia melek dengan gampang, ga perlu gw mesti bawel bangunin dia, and dia makan sahur dengan anteng, sambil nonton bola di dpn TV.

Masalahnya, Tahun depan ga ada Piala Dunia kan yaaa?? #TepokJidat

Kalo Naqiya sih ga gitu susah dibangunin nya, gampaaang..

Puasa setengah hari berjalan lancar, mulai sedikit hambatan, waktu anak-anak udah mulai masuk sekolah lagi, tahun ajaran baru.

Mayoritas disekolahnya Naqiya sama Qaysar, temen-temennya belum pada belajar puasa, jadi pas pulang ke rumah mereka ngeluh "Mamaa.. Koq temen-temen Kakak pada boleh minum di kelas, mereka ga puasa"
Mesti berkali-kali gw kasih pengertian ke mereka, trus kasih semangat juga biar tetep puasa, biarpun temen-temen di kelasnya belum pada mulai belajar Puasa.

Jam rawan itu pas udah sore, jam 5an, jam-jam tanggung sebentar lagi Adzan Magrib. Karena kalo bulan Ramadhan kantor gw pulangnya jam 3 sore, jadi jam 4an gw usahain udah di rumah, buat masak and nyiapin Ta'jil buka puasa.
Naaahhh... di jam segitu tuuh mereka mulai rewel lagi.. nyium harum masakan gw, atau liat gw bikin es buah, langsuung deeh merengek
"Maaa... Adek mau es buahnyaa.." atauu "Buka puasa yaaa, Maa.. Adek lapar niihh"
hehehehehehe kasian siiihh.. tapi gw kan mesti tegas yaaa..
Palingan kalo udah pada rewel gitu, gw suruh pada main aja di depan rumah sama temen-temennya yang lain, biar lupa sama lapernya.

Di awal-awal puasa, Qaysar Pernah nanya gini :
Qaysar : "Maa.. Adek haus niih"
Gw : "Nanti yaa, dek. Belum buka puasa, sebentar lagi"
Qaysar : "Emang puasa nya masih tutup ya, Ma?"
Dan gw pun ngakak, dikira puasa itu Alfamart kali yaaa, masih tutup #tepokjidat

Kalo menu Ta'jil biasanya gw nanya sama mereka, "Kakak sama Adek, mau buka puasanya pake apa? nanti Mama bikinin" sedikit ngerayu biar pada semangat puasanya

Biasanya mereka pengennya di bikinin Es Sirop pake Nata de Coco atau minta di bikinin Bubur Sumsum.
Mama Kece wajib bikin tuuuhhh... kan udah janji. Sirop nya ganti-ganti ajaa.. kadang rasa Melon, jeruk, atau Coco Pandan, di selang-seling sama Bubur Sumsum, Donat, Biji Salak. Kalo gorengan ama teh manis maah wajib, buat biangnya anak-anak (buat gw ama papa maksudnya hehehehehe)

Jadi mereka semangat tuuhhh... "Mama nanti Kakak sama Adek buka puasa nya pake apa??"
gw jawab "Bubur Sumsum sama Sirop Melon Nata de Coco", mereka antusias deeeh "Asiiikkk... nanti Adek 2 mangkok yaa Ma bubur nya"
Qiqiqiqiqiqiqi Kalaaap yaa, Dek!!

Kalo untuk Shalat Tarawih, ga ada masalah, mereka pergi ke Mesjid dengan senang hati.
Malah kelewat antusias menurut gw, kadang-kadang baru selesai Shalat Magrib, mereka udah rewel ngajak ke mesjid buat Tarawih.

Mereka seneng tarawih, soalnya banyak ketemu temen-temen di mesjid.
Malah Pas gw lagi berhalangan, Naqiya santai aja brangkat Tarawih bareng sama temen-temennya di komplek, meski gw di rumah ngga berangkat ke Mesjid.

Kalo Adek Qaysar siih.. tetep mau nya ke Mesjid bareng Papa, Mmmm mungkin tahun depan Anak-anak lebih milih berangkat ke Mesjid bareng temen-temen nya kali yaaa... di banding bareng gw and papa nya. Hiks udah makin gede aja merekaa

Semoga Kami sekeluarga dipertemukan kembali oleh Ramadhan Tahun depan yaaa... Aamin..
Semoga Tahun depan,Qiya sama Qay ada kemajuan yaaa belajar puasa nya, Aamiin,,,







Tidak ada komentar:

Posting Komentar