Jumat, 25 April 2014

Update Putradarma Islamic School

Update tentang calon sekolah nya Naqiya yaaa...
Menepati janji gw di Postingan sebelumnya

Agak telat sebenernya ini postingan, tapiiii.... yaaaa lebih baik telat tooh... daripada tidak sama sekali #ngeleeess

Tanggal 22 Maret yang lalu, Naqiya di panggil buat Observasi di Putradarma Islamic School, mungkin tujuan nya buat memantau sejauh mana perkembangan calon anak didik disana.
Tahun ini untuk penerimaan siswa SD ada peraturan yang tidak memperbolehkan sekolah menerapkan test calistung buat calon siswa nya.

Mungkin mengantisipasi peraturan itu, PDIS bikin metode baru, yaaaa lewat observasi ini.

Naqiya siiih semangat betul, dari 3 hari sebelumnya, dia udah ngitungin hari terus.. "Mamaa... hari Sabtu kakak ke Putradharma kaaan yaa?"

Hari Sabtu pagi jam 7, kita sekeluarga udah standby di sana, anter Qiya observasi, di temani rintik hujan #aseeeek bahasa nya
Untungnya ujannya berenti pas acara mau mulai, agak basah2 gitu deeeh

Acara nya di Lokasi Freshen School yang mereka punya. Penerimaan di sana luar biasaaa... guru2nya ramah-ramah banget. Daftar ulang di meja pendaftaran, Naqiya dapet kelompok Biru, Absen nomer 26 (dapet kalung nomor, pita warna Biru). Langsung diarahin sama ibu2 guru di bagian pendaftaran ke salah satu pendopo yang dikhususkan buat Tim Pita Biru.
 Ada 5 Tim kalo ga salah, 1 Tim skitar 30 anak, Merah, Biru, Hijau, Ungu, Kuning.

Di pendopo itu udah nunggu 2 orang ibu guru pembimbing, yang menyapa anak2 dengan ramah. Anak2 jadi nya ga takut deeh ketemu sama temen2 baru di kelompoknya.
Persiapan sebelum di mulai, di pendopo itu mereka di absen, trus baca doa dulu, trus diajarin yel-yel sama ibu pembimbingnya, biar semangat ^_^

ini foto di pendoponya


 
 Berkumpul dulu di pendopo


Ga lamaaa... ada pengumuman dari pengeras suara, agar tiap masing-masing ibu guru pembimbing membawa tim nya ke Lapangan untuk acara penyambutan sekaligus observasi.

Anak-anak baris dengan rapih ngikutin arahan ibu pembimbing nyaaa... Naqiya baris paling depan, jalan ke arah lapangan sambil nyanyi "Naik kereta apiii.. Tuut.. Tuut.. Tuut.." qiqiqiqiqiqiqi lucuu deeeh


  Naqiya baris paling depan

Dilapangan, ada sedikit sambutan dari Ibu Guru bagian Kurikulum. Trus dilanjut sama sambutan Marching Band Putradarma Islamic School. Baguuusss... Peserta Observasi menonton dari pinggir lapangan yaaaa ^_^

 Mayoret mempersiapkan pasukannya


Penampilan Marching Band PDIS. Calon siswa nonton dari pinggir lapangan yaaaa...


Selesai pertunjukan Marching Band, dilanjut senam pagiii.... biar Adik-adik peserta observasinya lebih semangat doonk yaaaa.... Ada ibu pembimbing sama kakak kelas, yang jadi instruktur senam nya..


Senam pagiii... Ibu guru instruktur semangat sekali... ditemani sama kakak-kakak kelas yang jadi instruktur senam buat calon adik kelasnyaa..


Gw saluuuut banget, kegiatan ini melibatkan ga cuma guru-guru pembimbingnya aja. Tapi jugaa semua murid PDIS, termasuk kakak kelas yang di SMP dan SMU nya. Mereka ada yang menampilkan Marching Band, Jadi instruktur senam, sampai gw liat ada yang buka stand Bazar, ngejual makanan produk olahan mereka sendiri... Hebaaaaat #acung jempool

Sayaaang... mereka yang buka stand, ga sempet gw foto

Abis senam, kegiatan inti pun dimulai,

Observasi mengenai pengenalan Bentuk (Segitiga, Segi Empat, Lingkaran) melalui games kelompok
 Tiap kelompok kerjasama buat mindahin balok sesuai sama bentuknya yg sama, pakai sumpit (susah dijelasin pake tulisan qiqiqiqqiiqiqiqi)
.
Observasi kemampuan berhitung lewat, permainan dadu raksasa.
Tiap anak ngelempar 2 buah dadu raksasa, mereka di minta buat menjumlahkan titik yang muncul di dadu-dadu itu, trus ditulis di papan tulis besar yang tersedia

Obeservasi kemampuan membaca lewat permainan magic box
Mereka diminta buat ngambil tulisan yang tersedia di dalem box, trus mereka taruh di samping gambar yang sesuai sama tulisannya.
Misalnya : Qiya dapet tulisan "Udang", tulisan itu dia taro di samping gambar udang yang udah tersedia di meja.
Dimeja itu ada gambar Ikan, Sayur, DLL.

Ini foto-fotonyaa...


Obeservasi Pengenalan Bentuk, tuuuh Naqiya yg lagi pegang meja, dia di bagian depan (lagi). Qaysar yg baju hijaauu ikut2an ajaaa... Penasaran yaa, Dek qiqiqiqiqiqiqi


Observasi Kemampuan Berhitung dan Membaca. Ga bisa foto dari deket, soalnya orang tua ga boleh ke lapangan hijau, cuma boleh di pinggir lapangan ajaa lihat nya ^_^


Dilanjut Observasi Pengenalan Warna. Anak-anak dibawa lagi ke Pendopo.
Masing-masing dikasih 1 buah piring keramik tanah liat yang udah di kasih gambar. Mobil buat laki-laki, bunga buat perempuan. Mereka boleh mewarnai sesuai keinginan mereka, pake cat warna yang udah di sediain.

Hasilnya bagus-bagus deeehhh....

Kalo udah selesai mewarnai, piring-piring keramiknya, langsung di jemur, boleh dibawa pulang nanti..
Sementara nunggu piringnya kering, Anak-anak bisa buka snack yang disediain (Dapet Goodybag yang isinya bermacam snack sama minuman)


Piring-piring nya lagi di jemur



Ini hasil karya nya Naqiya ^_^

Observasi pun selesaiii... Hati senang, perut kenyang (kata Naqiya)

Sejauh ini, gw puas banget sama Proses Observasi nya, luar biasa memuaskan ^_^
Mama sama Papa tinggal nunggu pengumuman selanjutnya Bulan depan, mengambil seragam, dan menyelesaikan pembayaran (eeehhh... udah lunas dink qiqiqiqiqiqiqi)

Yang lucuuu... selama proses Observasi tadi, Adek Qaysar sibuk sendiri (ga lepas dari pengawasan Papa).
Dia sibuk nyoba ngedeketin kakaknya, penasaran, berharap bisa ikutan mungkin, tapi kurang berhasil karna selalu gw gendong mundur lagi, kalo dia udah mulai coba-coba ganggu kakaknya yg lagi serius.

Putus asa karna ga bisa gabung sama Kakak nya, akhirnya Adek Qay main prosotan, lari-larian sampe guling-gulingan di bukit kecil yang ada di dalem fasilitas Freshen Schoolnya, bareng sama Kakak-kakak SD yang juga lagi main berkotor-kotor ria hihihihihihi...


Qaysar malah dapet temen baru, kakak-kakak SD hahahahhaahaha #Kamu modus yaaa, Dek
Main kejar-kejaran, prosotan, guling-gulingan sampe kotooorr... ^_^

Pulang ke rumah udah menjelang siang. Cuci-cuci muka-tangan-kaki, makan siang lalu Bobooooo...
#Semua Tepaar hahahhahahahaha...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar