Selasa, 26 November 2013

Selamat Hari Guru

Selamat Hari Guruu.. buat semua guru di seluruh negeri, khusus nya buat Abah sama Mak Eet (Boleh kan ngucapin buat pensiunan guru?) #Walau telat sehari

Yup, Abah sama Mak Eet pensiunan Guru, malah mereka berdua dulu ketemu nya pas sama2 ngajar di salah satu SMU terfavorit di Bekasi (Cinlok gituu deeeh bahasa anak Abegeh sekarang)

Sempet heran juga kemarin, koq yaaa.. anak2 sekolah pada pulang lebih awal, trus status nya di BBM semua pada ribut ngomongin upacara pake baju Korpri. Gw baru ngeh kalo hari itu Hari Guru hehehhehehhehe... *Peacee

Abah pensiun masih di dari sekolah yang sama, kalo nyokap gw pensiunnya terakhir waktu jadi Pengawas di Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi.

Dulu gw sama kakak2 gw, sekolah di sekolah yang sama, di tempat bokap sama nyokap gw ngajar. Jangan tanya rasanya, gimana diajar atau bahkan di hukum sama nyokap and bokap sendiri di kelas heheheheheh....

Tapiii.. waktu itu ada kaya kesepakatan ngga tertulis, kalo gw sama kakak2 ga mau bilang2 ke temen2 kalo nyokap sama bokap gw jadi wakasek di SMU ituu (Bokap Wakasek Kesiswaan, Nyokap lama jadi Wakasek Kurikulum waktu jaman nya kakak gw SMU) istilah nya ga mau bilang, kalo gw itu anak guru.

Bukaan.. bukan karena gw atau Kakak2 gw malu sama status nyokap bokap gw, cuma lebih karena ga pengen bikin nyokap bokap malu kalo gw dapet nilai jelek (seriiing soalnya hahahaha), ga mau ada anggapan kalau pun nilai nya bagus, itu karna bokap nyokap gw, atau karna ga pengen nanti nya temen2 gw sungkan bergaul sama gw karna bokap gw hehehehehe.. atau juga karna ga pengen di perlakukan istimewa sama guru2 yang lain #aseeek

Kita bertiga kaya punya rahasia gituu pas di SMU. Kalau pun berangkat sekolah nebeng bokap naik motor, gw berenti nya ga di pintu gerbang sekolah, tapi agak jauh sebelumnya, dilanjut jalan kaki heehehhehhehehe...

Tapi rahasia nya ga bertahan lama, pas kelas 2 catur wulan ke 2, ketauan juga deeehh... gara2 ada temen gw yang dateng ke rumah nganterin absen olah raga, yang bukain pintu nya pas banget gw #hadeuuuuhhh
si Temen gw itu langsung bilang "laaah.. Sin, loe ngapain disini?" yaaaa... mau ga mau, ngaku deeeh gw. semenjak ituuu.. yaaaa sudaaahhh... ga bisa di rahasiain lagi hehehehhehehe

Bener ajaaa...abis ketauan gituu.. mulai laaah di manfaatin tuuh gw ama temen2 gw. Misal nya "Sin, tolong pinjemin bola Basket donk ama bokap loe", atauuuu "Sin, bilangin napa sama bokap loe, test lari nya ga usah hari ini, ada ulangan Fisika kaaaan" #tepok jidat

Yang paling keren siiih kakak gw tuuuh... sampe akhir kelas 3, mau lulus baru ketauan sama temen2 nya #sakti bener daaah dia

Sebenernya guru2 yang lain siih udah pada tau, karna emang kan mereka kenal gw sama kakak2 gw dari jaman gw kecil, laaah kan dulu kita sekeluarga tinggal nya di rumah dinas di dlm komplek sekolah xixixixixixixi...

Bokap guru Olah Raga, Nyokap guru Sejarah, malah nyokap pernah jadi guru teladan se-Kabupaten Bekasi waktu gw SMU Kelas 2, di umumin di pas Upacara Bendera Hari Senin, Bangga luar biasa gw waktu itu, pengen teriak "Ituu Nyokap gw tuuuuhh" Tapi ga bisaaa.. kan masih main rahasia rahasia-an qiqiqiiqiqqiqi

Bokap malah berturut2 jadi guru olah raga terfavorite pilihan siswa2 kelas 3. Duluu tiap mau lulus, selalu ada buku tahunan buat kenang2an tiap angkatan, ada event pemilihan guru mata pelajaran terfavorite, sampe ada pemilihan satpam terfavorite #hadeeuuuh... Buka tahunan itu numpuk di rumah, dari mulai angkatan jadul sampe angkatan terakhir sebelum bokap pensiun, biasanya guru2 suka di kasih gratis sama angkatan yang mau lulus itu, di tiap buku itu hampir selalu ada foto bokap jadi guru olah raga terfavorite di tahun itu #peluk abaah

Waktu SMU, cita2 gw pengen jadi Guru, pengen kaya nyokap bokap. Seneng nya bukan main, waktu UMPTN gw lulus di UPI Bandung. Tapi seneng nya ga bertahan lama, pas hari ke 2 Ospek di UPI, gw di telp, disuruh pulang sama Bokap, karna dapet dapet panggilan dari Akademi Kebidanan RSCM Depkes, gw lulus juga di situ (padahal waktu itu sengaja banget pas ngerjain soal ujiannya ga serius).

Sediiiiih bukan main, sepanjang perjalanan Bandung - Bekasi di atas Primajasa, gw cuma bisa nangis. Nyokap yang waktu ada di samping gw, udah ga bisa apa2

Waktu ituu yang ada di hati, cuma kesel plus sebel luar biasa sama bokap.
Jangan heran maka nya waktu awal semester 1 di Akbid, gw bolak balik di panggil sama Pembimbing Akademik and ibu asrama, karna sering kabur dari Asrama (Kalo di Akbid, Wajib Asrama selama 3 tahun)

Waktu ituu cuma ga ngerti ajaaa... kenapa bokap ngotot banget gw mesti masuk situ.

Sampe ada masa di mana Kakak gw yg nomer 1 (mas bayu) bilang gini ke gw "Ya udah sih, Neng, Loe jalanin aja, udah kecebur, ya loe basah aja sekalian, berenang. Kan Pilihannya cuma 2, loe kelelep atau berenang"

Mulai dari situu.. sedikit2 bisa nerima, apalagi liat pengorbanan bokap gw waktu itu, rela jemput gw hari sabtu (hari sabtu boleh pulang), trus nganter lagi ke asrama hari minggu sore (ada absen sore). Naik motor boncengin gw PP Bekasi - Cempaka Putih (Kondisi nya waktu itu belum punya mobil).

Atau kadang liat bokap gw dengan bangga nya pas ada acara di SMU, nyuruh gw dateng nganterin bokap buat mamerin gw ke temen2 nya sesama guru.. "ini si Eneng, bentar lagi lulus jadi Bidan loooh"  #berkaca2 waktu nulis ini

Alhamdulillaaahh... setelah perjuangan berat, dan demi niat membanggakan nyokap bokap, gw lulus dari Akbid dengan IPK diatas 3 #Joged2

Minta Izin sama bokap nyokap, untuk lanjut sekolah ke D4 Bidan Pendidik (Melanjutkan cita2 gw yang tertunda). Dengan iming2 kalo InshaAllah gw sekolah lagi pake uang sendiri, karna kondisinya waktu itu dari mulai semester 6 gw udah bisa cari uang sendiri (ikutan bantuin di klinik bidan2 senior)

Bokap sama nyokap setuju, Alhamdulillah walaupun sambil kerja, gw bisa lulus jadi Bidan Pendidik dengan IPK di atas 3,4 #Tuuuuh kereeen kaaan

Mulai menikmati masa2 mengajar, jadi Pembimbing Akademik buat mahasiswi2 gw yang cantik2. Hampir 4 tahun berkecimpung di dunia mengajar

Bokap memang ga pernah kasih tau alasan nya sampe sekarang, cuma yang gw tau, bokap merasa memang itu jalan terbaik yang mesti gw jalanin.

Dari Bidan gw bisa mewujudkan cita2 gw buat ngajar
Bahkan dari Bidan, gw bisa jadi PNS kaya sekarang...

Buat orang2 yang masih mencibir sama profesi gw jadi Abdi Negara, ga papa koq...
Karna buat nyokap gw, profesi anak nya ini, bikin beliau bangga luar biasa #Peluk Ma'Eet

Hari ini mungkin gw ga ngajar lagi, bahkan hari ini mungkin jauh dari ilmu pendidikan and kebidanan yang mati2an dulu gw pelajarin
Tapi gw ga sedih koq, karna Mak'eet pernah bilang "Ngajar itu ga selalu di kelas koq, tuuuh Neng punya murid tetap di rumah, si Kakak sama Adek"
#Gw pun Spechless


Walau telat, gw pengen ngucapin :
"Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru"
 - Sepenggal Lirik "Pahlawan tanpa Tanda Jasa" Buat Abah sama Ma'Eet









Tidak ada komentar:

Posting Komentar