Senin, 29 Oktober 2012

Rainbow Cake Kukus With Cream Cheese Frosting

Cerita nya lagi Happening banget sama sesuatu yang berbau Rainbow, trus ga seru doonk kalo gw ga ikutan juga buat meramaikan trend *Halaaaahhh...

Jadi ceritanya udah lama bgt sebenernya bikin2 sesuatu yang berbau Rainbow ini, dari mulai lidah lucing, sampe Getuk Rainbow (Iyaaa... Getuuk. Kenapa sih pada heran xixixixi... namanya juga ikut2an). posting produk rainbow gw yang lainnya ntar aja yaaa... kalo pas mood nya bagus hehehehe...

naaah jadi, kebetulan tanggal 22 Oktober kemarin ibu gw ulang tahun (biasa di panggil Mak Eet sama anak2  gw) yang ke 62 thn. nyokap gw itu sebenernya suka banget sama Cake2an, tapi berhubung udah 7 thn terakhir ini beliau punya Diabetes, jadi mesti ngurangin yang manis2 deeeh.

Tapiiii... boleh donk, skali2 makan cake pas ulang tahun. yang penting, cake nya jgn tlalu banyak gula pluuss makannya juga ga boleh banyak (nyicip2 doaank gituuu, nanti paling jg diabisin ama Qiya, Qay daaann.. mama nya tentunya hehehhe)

Rainbow cake ini pake teknik dikukus, resep nya nyontek di tempat andalan, untuk base nya, pake resep nya Bunda Fatmah - NCC yang ini, naaah untuk Frosting nya Pake resepnya Mba Ricke yg disini, yang tentunya udah gw modifikasi sana sini, demi kepentingan nyokap gw *maap yaa.. resepnya aku acak2

Alhmadulillah sempet ke foto juga ini Cake nya, mengingat banyak tangan2 jahil yang siap nyolek2 cream nya hehehehe..

Maap yaa potonya kurang bagus, maklum amatiran heuheu


















Naaahh buat yg males buka link nya, ini gw copyin, resep asli plus modifikasi yang telah disesuaikan sama gw

Cake (Resep Asli Bunda Fatmah Bahalwan-NCC)

Bahan A:
12 btr   kuning telur
7 btr     putih telur
375 gr  gula pasir   (gw cuma pake 200 gr)
20 gr    emulsifier
Bahan B:
200 gr  tepung terigu
40 gr    susu bubuk
1 sdt     baking powder

Bahan C:
200 gr  mentega/margarine
50 gr    santan kental

Bahan D:1 sdm   pasta coklat BF  (Gw ganti pake pasta merah, kuning, hijau)
1 sdm   pasta mocca

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang 22x22x7cm, poles dan alasi kertas roti. (gw pake loyang kotak yg 20x20x7cm)
  2. Campur bahan B. Sisihkan.
  3. Kocok bahan C hingga lembut, sisihkan.
  4. Kocok Bahan A hingga kental, masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata, tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata. Satu bagian diberi pasta coklat Black Forest, satu bagian diberi pasta mocca dan satu bagian lagi biarkan putih. (Kalo gw di bagi 3 bagian sama rata, kasih pewarna Merah, kuning, hijau)
  6. Tuang adonan coklat black forest kedalam loyang kukus 10 menit hingga matang, tuangi adonan mocca kukus lagi 10 menit, terakhir tuang adonan putih, kukus 20 menit. (kalo gw dikukus satu persatu, di pisah perloyang)
  7. Angkat, dinginkan. Keluarkan dari loyang, potong-potong. (gw di tumpuk trus masing2 layernya di oles sama cream cheese, trus baru di hias lagi pake cream cheese frosting, springkle)

Cream Cheese Frosting (Resep asli dari Mba Ricke-Ordinary Kitchen)

200 gr Cream cheese (gw pake merk yummy, 1 pak)
100 gr Unsalted Butter dingin (gw pake mentega putih)
500 ml Non-dairy whipcream manis dingin, kocok sampe kaku (gw pake merk vivo kalo ga salah)

Cara membuat :
Kocok cream cheese sama unsalted butter sampe lembut, masukan whipcream yg sudah di kocok kaku, kocok sampe rata. masukan ke lemari es sampe ingin digunakan (begitulah gw kira2 bikinnya)

Alhmadulillaah Nyokap seneng bgt sama cake nya, Qiya sama Qay apalagi... Langsung pada nyerbu, sampe belepotan mereka hahahaha

Selamat Ulang Tahun ya Mak Eet, Barakallah di Sisa Usia. Aamiinnn.. *Peluk dan Cium


Tidak ada komentar:

Posting Komentar