Kamis, 15 Maret 2012

Donat Kentang Menul-Menul d('',)b

Tralaaaaaa...... Akhirnya Berhasil juga bikin donat kentang yang menul-menul



*Foto nya make camera Handphone, jd keliatan ga profesional* xixixixi...








Tapi ga papa, diriku bahagia, donat kentangnya lumayan sukses. Harus di bilang sukses donk, secara gw kan ngga bisa masak, en amatir bgt dalam hal urusan dapur wkwkwkwkwk

sebenernya udah sering banget nyoba bikin dotang (donat kentang) kaya gini, tapi... berhubung yg bikin  amatir, jadi seringan bantat nya dari pada sukses nya *ngengir*

yang aneh, sebenernya bikin Dotang ini ga pake ngeliat resep, pokoknya plung-plung asal masuk aja *kalo bunyinya plung-plung, kenapa rada ga enak dengernya gitu ya, berasaaa apaaaaa gituuuu*.

jadi kmaren2 kalo bikin Dotang selalu searcing dulu di internet, tapi ga tau knapa selalu gatot, GAGAL TOTAL!!!

eh, giliran ga ngeliat resep, malah jadi huehehehehe....

sooo... buat emak2 yang lagi blajar masak kaya gw, ga usah pake liat2 resep deh, pake feeling aja, yg penting bahan dasarnya udah tau hahahahaha...

kaya gw bikin donat ini, pake kira2 aja. kalo kira2 jadi syukuurrr... kalo kira2 ga jadi, yaaahhh emang udah biasa *Tepok jidat*

disini gw catetin resep gw yg kira2 itu yaaaa...

Bahan :
- Tepung terigu kira2 stengah Kilo, katanya sih lebih bagus pake yg protein tinggi, tapi gw pake yg biasa aja,
   beli di warung deket rumah
- Kentang 2 biji, kira2 yg sedang aja ukurannya, di rebus trus di alusin
- Femipan kira2 satu sendok teh
- Susu bubuk 1 sachet (gw pake merk Dancow)
- Gula pasir kira2 dua sendok makan, gw sih ga suka yg tlalu manis, kan nanti juga pake gula tepung lagi
- Mentega kira2 satu sendok makan
- Kuning telor 2 biji

Cara Bikinnya :
- Masukin ke baskom tepung terigu, kentang yang di alusin, susu bubuk, gula pasir,
   kuning telor, Mentega
- naaahh terus di ulenin deh ampe kecampur rata
- encerin Ragi (Fermipan) pake sedikit air, trus masukin deh ke adonan yg di baskom tadi
- inget yaaa... Ragi (fermipan) masukinnya ga boleh bareng ama garem2an or mentega/ margarin or
  sejenisnya, kata resep2 yg dulu sering gw baca, nanti ragi nya mati, jd ga ngembang deh, alias BANTAT
- nah udah gitu, di ulenin deeehh ampe kaliiisss banget. tau kan kalis? artinya adonannya ga nempel di tangan
  trus warnanya cihuy gitu, mengkilap
- baru deh dibulet2in, bolongin tengahnya, taro di wadah yg udah di tabur terigu
- diemin dulu, kira2 40 menit deh, ini pokoknya bener2 kira aja, kalo udah ngembang ya langsung di goreng
  pake minyak yg panas nya sedang aja (apinya keciiiillll).
- gorengnya jangan di tinggal ya, nanti gosong hehehehehe...
- kalo mau di taburin pake gula bubuk, atau di kasih topping lain, tunggu donatnya agak dingin, baru deh
  toping sesuai selera

ini gw kasih liat foto2 lainnya, jangan takut bantat yaaaa... gw aja ga kapok nyoba, walaupun sering gagal wkwkwkwk...




semuanya di masukin, kecuali raginya, belakangan


Kalo udah kalis, di bentuk deh bolong2 gini, karna gw amatir, bentuknya pun ga rapih *ngeleeess*


di tungguin ampe ngembang *kira2 aja waktunya* 





trus di goreng deh, pake minyak yg banyak *kalo gw sih ga tlalu banyak, ngiriiiiittt*









Buat emak2 yg lagi belajar bikin Dotang, jangan takut gagal ya, gw aja ga kapok, walau sering gagal hehehehe...

Selamat Mencobaaaa.... ^ ^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar